Sabtu, 30 April 2016

Kumpulan Contoh Paragraf Analogi Singkat

Contoh Paragraf Analogi -  Lagi bingung dengan pengertian, ciri-ciri maupun struktur paragraf analogi ? pas sekali jika kamu membuka web ini, karena pada kesempatan kali ini admin akan membahas semua tentang paragraf analogi sehingga memudahkan kamu untuk memahaminya.


Ada yang sudah tahu apa itu paragraf analogi ? jika belum , admin akan menjelaskannya dengan singkat. pengertian paragraf analogi adalah paragraf induktif, kenapa bisa begitu ? karena paragraf analogi sendiri adalah hasil yang di kembangkan dengan cara induksi, paragraf ini sendiri biasanya di awali dengan hal-hal yang khusus lalu disimpulkan sebagai hal yang umum.

Ada beberapa ciri yang harus kamu ketahui tentang paragraf analogi, apa saja itu / simak di bawah ini :


  1. Adanya 2 atau lebih hal yang dibandingkan secara bergantian. Hal yang dibandingkan tersebut bisa berbentuk obyek atau pun hal yang abstrak seperti kejadian, proses, ataupun keadaan. Dan yang paling penting adalah tingkat kesetaraan antara hal pembanding tersebut haruslah seimbang.
  2. Adanya kesimpulan dari tema yang sedang dibahas. Kesimpulan tersebut terletak di akhir paragraf dan merupakan penjelas dari ide awal yang dikemukakan.
  3. Penjabaran dari pembanding yang digunakan pada umumnya disusun secara bergantian satu sama lain.



Untuk melengkapi sedikit dari penjelasan di atas, kamu bisa melihat contoh paragraf analogi yang lengkap berikut ini agar semakin mengerti :

Contoh 1

Tulang rusuk sangatlah rentan. Jika tulang rusuk yang bengkok diluruskan dengan kuat, maka mereka akan patah. Sebaliknya, jika mereka tidak diluruskan, maka mereka akan tetap bengkok. Sifat tulang rusuk yang rentan ini sama halnya dengan sifat wanita. Mereka adalah makhluk yang sangat rapuh. Jika mereka diperlakukan dengan kasar, mereka akan hancur atau bahkan melawan. Namun, jika tidak tegas menghadapinya, mereka akan rusak dan tidak akan patuh. Oleh karena itu, wanita diibaratkan sebagai sebatang tulang rusuk yang tidak bisa dikasari maupun dilembuti.

Contoh 2

Belajar dengan menggunakan buku dan kertas seperti pedang yang berkepala dua . Jika menggunakan kertas terlalu banyak dapat menyebabkan hutan gundul dan pemansan global terjadi. Tapi apabila tidak menggunakan kertas dapat menyebabkan orang tidak dapat belajar dengan baik apalagi yang memiliki tingkat ekonomi terbatas serba salah untuk mengambil keputusan seperti saat menggukan pedang berkepala dua yang bisa menyerang 2 arah yang berlawanan.


Contoh 3

Belajar matematika butuh ketelitian apalagi ketika mempelajari beberapa bab tertentu yang butuh tingkat ketelitian yang tinggi. Sama seperti kita mencari jarum di tumpukan jerami ialah hal yang susah namun bukanlah mustahil jika dilakukan dengan penuh semangat dan konsentrasi.

Contoh 4

Menjaga kesehatan tubuh itu layaknya seperti memelihara tanaman anggrek. Perlu perawatan khusus seperti memberikan pupuk yang baik, menyiraminya setiap hari hingga harus mengetahui tanda – tanda jika sedang terkena penyakit tertentu. Sama halnya dengan menjaga kesehatan harus pintar – pintar memilih makanan bergizi, memberikan nutrisi setiap harinya serta mampu untuk mencari solusi pengobatan jika mendapati adanya gangguan kesehatan.

Contoh 5

Seorang yang menuntut ilmu itu bagaikan sedang mendaki puncak gunung, Saat mendaki itulah beribu banyak rintangan membentang hingga membuatnya jatuh tersungkur, ada juga semak – semak belukar yang sangat sulit untuk dilalui. Demikian juga pada orang yang sedang menuntut ilmu, ada banyak kesulitan yang menghadang seperti sulit dalam hal perekonomian, sulit untuk memahamai pelajaran dan yang lainya. Jadi menuntut ilmu itu layaknya seperti menaiki gunung agar mencapai puncaknya.


Baca Juga : Contoh Paragraf Narasi


Dari berbagai contoh paragraf analogi di atas serta sedikit penjelasan yang sudah admin sampaikan seharusnya kamu sudah bisa mengerti dan paham dengan paragraf analogi, sehingga kamu bisa membuat sendiri paragraf tersebut. sekian dari admin, semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait

Kumpulan Contoh Paragraf Analogi Singkat
4/ 5
Oleh