Jumat, 13 Oktober 2017

Contoh Paragraf Narasi Singkat dan Lengkap

Contoh Paragraf Narasi - Paragraf narasi adalah suatu karangan yang menceritakan secara rinci sebuah kejadian atau suatu peristiwa berdasarkan urutan waktu. peristiwa dalam sebuah paragraf narasi sendiri bisa benar-benar terjadi maupun hanya sebuah khayalan saja seperti pada roman, novlel, cerpen, drama dan biografi yang termasuk ke dalam jenis tulisan narasi.


Paragraf narasi sendiri terbagi dalam 2 jenis, yakni paragraf narasi ekspositoris dan paragraf sugestif. namun pada kesempatan kali ini admin belum akan membahas kedua jenis dari paragraf narasi di atas. sebaliknya admin anekacontoh.com akan memberikan contoh paragraf narasi agar kalian tidak bingung membedakannya dengan jenis paragraf lainnya. berikut adalah contoh paragraf narasi singkat yang selengkapnya :


Contoh Paragraf Narasi



Contoh 1 :
Tepat ketika tanggal 10 Maret, sekolahku libur selama sembilan hari dan akan berakhir pada tanggal 18 Maret. Aku dan seluruh keluargaku tidak menyia-nyiakan waktu ini untuk mengadakan liburan keluarga. Ketika itu aku memilih berlibur ke Pantai Parangtritis. Pagi-pagi aku telah berbenah dan menyiapkan semua perbekalan yang nantinya diperlukan. Sepanjang perjalanan, aku iringi dengan nyanyian lagu riang. Betapa senangnya aku ketika sampai di pantai tersebut. Dengan hati suka ria, aku sambut Pantai Parangtritis dengan senyumku. Pantai Parangtritis, pantai nan elok yang menjadi favoritku. Tanpa menyia-nyiakan waktu, aku mengajak kakakku untuk bermain air. Kuambil air dan aku ayunkan ke mukanya. Dengan canda tawa, kami saling berbalasan. Puas rasanya, terasa hilang semua kepenatan karena kesibukan tiap harinya. Di sana, aku dan seluruh keluargaku saling berfoto-foto untuk mengabadikan momen yang indah ini. Tak terasa waktu berjam-jam telah kuhabiskan disana. Hari pun mulai sore menandakan perpisahan dan kembali pulang. Tak rela rasanya kebahagiaan ini akhirnya selesai. Dalam benakku, aku kan kembali esok.
Contoh 2 :
Hal yang rumit untuk dilupakan bagi Tia, hari ini ia mendapat kejutan dari teman-teman sekelasnya. Tia memang sudah curiga dengan tingkah laku teman-temannya di kelas, begitu juga saat jam istirahat mereka seperti menyembunyikan sesuatu. Benar saja, ketika pulang sekolah teman-teman Tia memberi kejutan berupa kue ulang tahun dan taburan tepung.

Contoh 3 :
Pagi yang cerah bagi nina untuk mencari kayu bakar di hutan, berangkatlah ia bersama Sang Kakek menuju hutan yang lebat. Di tengah perjalanan menuju tujuan nina melirik ke seluruh sisi hutan, maklum ini pengalaman pertama kalinya pergi ke hutan. Tak terasa ia telah tiba di hutan yang lebat, suara-suara hewan terdengar nyaring, tampaknya nina mulai agak takut.

Contoh 4 :
Pergilah Andi ke pasar menggunakan sepeda bututnya, sesampainya di pasar dibelilah kebutuhan-kebutuhan hidupnya bersama sang ayah yang sakit-sakitan. Setelah semua barang terbeli ia kembali mengayuh sepeda tuanya menuju rumahnya yang hanya berupa gubuk di pinggir sungai.

Baca Juga  : Contoh Paragraf Analogi

Semua contoh diatas merupakan sebuah contoh paragaraf narasi yang singkat dan bisa kalian gunakan saat ingin mengarang maupun menceritakan sebuah peristiwa sehingga membentuk paragaraf narasi untuk tugas sekolah maupun yang lainnya. sekian dari admin anekacontoh.com, semoga sedikit ulasan tentang contoh paragaraf narasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua.