Sabtu, 19 Agustus 2017

Kumpulan Contoh Paragraf Deskripsi Singkat dan Lengkap

Contoh Paragraf Deskripsi - Apa itu Paragraf Deskripsi ? Paragraf Deskripsi adalah sebuah paragraf yang memiliki tujuan untuk menggambarkan atau melukiskan pengalaman, pendengaran, perabaan, penciuman, dan perasaan situasi atau masalah. yang mengutamakan kejadian atau keadaan yang dapat merangsang pancaindra. dalam membuat paragraf deskripsi, si penulis dituntut untuk bisa membuat pembacanya seakan melihat mendengar, atau merasa objek yang digambarkan itu.

Dilihat dari cirinya, paragraf deskripsi memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut ini :

  • Melukiskan atau Menggambarkan suatu objek seperti benda, tempat, atau suasana tertentu.
  • Melibatkan panca indra (pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecapan, dan perabaan).
  • Menjelaskan ciri-ciri fisik dan sifat objek tertentu seperti warna, ukuran, bentuk, dan kepribadian secara terperinci.
  • Banyak ditemukan kata-kata atau frase yang bermakna keadaan atau kata sifat.

Sementara itu, paragraf deskripsi dibagi dalam 3 jenis, yakni Deskripsi Spatial, Deskripsi Subjektif, dan yang terakhir adalah Paragraf Deskripsi Objektif. agar kamu tidak bingung, berikut ini admin sertakan beberapa contoh paragraf deskripsi yang bisa membantumu dalam belajar, seperti dibawah ini :

Contoh Paragraf Deskripsi



Musim hujan di desaku telah tiba.Jalan-jalan berdebu kini sudah tidak tampak lagi. Daun-daun yang dahulu kusam karena lekat nya debu,kini hijau menyejukkan mata. Ranting-ranting pohon kini mulai di tumbuhi tunas baru.Ilalang turut menyembul diantara rerumputan yangf menghijau. Sisa hujan di ujung daun memantulkkan cahaya senja kemerahan,warna semangka. Sepasang burung kecil berdada kuning mencicit,melompat-lompat di ranting-ranting,minum air hujan di lekik-lekuk saun lebar. Di kejauhan matahari nampak tengah bersiap-siap pulang. Sinar nya cerah halus menggantikan sisa-sisa hujan.Alam desaku kini terlihat hijau,subur dan sejuk kembali.

Ombak bergulung-gulung memecah bibit pantai meninggalkan buih-buih putih. Suara deburan ombak nyaman untuk di nikmati,semilir angin membuat suasana pantai tambah sejuk. Hiruk pikuk orang berlalu lalang terdengar terasa sampai sore hari. Orang-orang banyak yang bermain air dan berenang di pinggir pantai. Setiap kali berada di pantai dan menikmati suasana pantai yang terhempas luas membuat hati terasa senang.seakan tidak ada beban di pikiran. Air pantai yang terlihat biru memecahkan keindahan mata seakan kita terpesona oleh keelokan warna-warni pantai para kapal nelayan ikut memenuhi suasana pantai di pagi dan sore hari. Selain untuk rekreasi, pantai juga merupakan kunci kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Pintu ruang kelas X-6 kubuka, udara sejuk menyelimuti ruangan ini, suara hening, seakan membuat hati terasa tentram. Ruangan ini sebenarnya cukup luas. Kira-kira berukuran tujuh kali tujuh meter persegi, diujung terdapat meja dan kursi guru yang dihiasi dengan bunga putih dan vas bunga yang terlihat elok dan indah. Dinding – dinding penuh dengan foto para pahlawan dan mading kelas. Meja dan kursi siswa berserakan seakan seperti layaknya dedaunan yang gugur berserakan.
Saat itu suasana mendung, membuat ruangan ini gelap tanpa cahaya. Diujung rungan terlihat seorang siswa yang sedang melamun diam dan membisu. Suara pintu krekk..krek..krek seakan menambah kesunyian ini. Papan tulis putih bersih dan tanpa goresan spidol menandakan siswa kelas X-6 jam kosong. Tirai hijau mengombang ambing terkena angina yang begitu kencang. Begitulah suasana ruang kelas X-6 saat jam kosong.

BIOGRAFI SINGKAT AHMADINEJAD

Mahmoud Ahmadinejad yang sering dikenal dengan Ahmadinejad adalah presiden Iran keenam yang sampai saat ini masih menjalankan jabatannya. Pria kelahiran Persia 28 oktober 1956 ini sebelumnya merupakan walikota Teheran sebelum menjabat menjadi Presiden Iran. Peringainya yang sederhana serta rasa cintanya yang luar biasa terhadap rakyat membuat presiden ini menjadi daya tarik tersendiri dari seluruh elemen di dunia. Sebagai seorang anak dari pandai besi, dia mampu membuktikan keagungan ilmunya mampu membawa dia pada jabatan presiden dengan jujur tanpa uang sepeserpun. Kebijakan dan tindakan Ahmadinejad selalu menjadi perhatian dan sangat mengagumkan. Bahkan pernyataannya yang menyatakan bahwa dia sendiri adalah tak lebih dari seorang pelayan kecil yang memikul tanggung jawab besar yaitu untuk melayani bangsa Iran, cukup mencerminkan dari pribadinya yang luar biasa.

Ahmadinejad lahir di desa pertanian Aradan, dekat Garmsar, sekitar 100 km dari Teheran. Dia lulus dari Universitas Sains dan Teknologi Iran (IUST) dengan gelar doktor dalam bidang teknik dan perencanaan lalu lintas dan transportasi. Pada tahun 1980, dia adalah ketua perwakilan IUST untuk perkumpulan mahasiswa, dan terlibat dalam pendirian Kantor untuk Pereratan Persatuan organisasi mahasiswa yang berada di balik perebutan Kedubes Amerika Serikat yang mengakibatkan terjadinya krisis sandera Iran. Pada masa Perang Iran-Irak, Ahmedinejad bergabung dengan Korps Pengawal Revolusi Islam pada tahun 1986. Dia terlibat dalam misi-misi di Kirkuk, Irak. Dia kemudian menjadi insinyur kepala pasukan keenam Korps dan kepala staf Korps di sebelah barat Iran. Setelah perang, dia bertugas sebagai wakil gubernur dan gubernur Maku dan Khoy, Penasehat Menteri Kebudayaan dan Ajaran Islam, dan gubernur provinsi Ardabil dari 1993 hingga Oktober 1997. Ahmadinejad lalu terpilih sebagai walikota Teheran pada Mei 2003.

Dalam masa tugasnya, dia mengembalikan banyak perubahan yang dilakukan walikota-walikota sebelumnya yang lebih moderat dan reformis, dan mementingkan nilai-nilai keagamaan dalam kegiatan-kegiatan di pusat-pusat kebudayaan. Ahmadinejad terkenal dengan kesederhanaannya, baik sebagai personal maupun sebagai seorang Presiden Iran. Dalam sebuah sesi wawancara bersama wartawan TV Fox dari Amerika, terungkaplah sisi-sisi menakjubkan dari seorang Ahmadinejad, kehidupannya yang sangat sederhana menjadi sangat membanggakan. Saat pertama kali menduduki kantor kepresidenan Ia menyumbangkan seluruh karpet Istana Iran yang mahal itu kepada masjid-masjid di Teheran dan menggantikannya dengan karpet biasa yang mudah dibersihkan. Ia juga menggganti ruang tamu VIP dengan ruangan biasa dengan 2 kursi kayu, meski sederhana tetap terlihat indah. Langkah pertama Ahmadinejad adalah mengumumkan kekayaan dan propertinya yang terdiri dari Peugeot 504 tahun 1977, sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran. Rekening banknya bersaldo minimum, dan satu-satunya uang yang masuk adalah uang gaji bulanannya sebagai dosen di sebuah universitas yang hanya senilai US$ 250.

Selama menjabat sebagai Presiden Iran, ia tinggal di rumahnya sendiri. ia tidak mengambil gajinya sebagai Presiden, alasannya adalah bahwa semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia bertugas untuk menjaganya. Sang presiden selalu membawa tas setiap hari yang berisikan sarapan roti isi atau roti keju yang disiapkan istrinya, ia juga menghentikan kebiasaan menyediakan makanan yang dikhususkan untuk presiden. Selain itu, hal lain yang ia ubah adalah kebijakan pesawat terbang Kepresidenan, ia mengubahnya menjadi pesawat kargo sehingga dapat menghemat pajak masyarakat dan untuk dirinya, ia hanya meminta terbang dengan pesawat biasa dengan kelas ekonomi. Presiden Iran ini kerap tidur di ruang tamu rumahnya sesudah lepas dari pengawal-pengawalnya yang selalu mengikuti ke manapun ia pergi.

Dalam beberapa kesempatan Presiden juga bergabung dengan petugas kebersihan kota untuk membersihkan jalan di sekitar rumah dan istana Presiden. Selain itu, Ahmadinejad juga dikenal dengan presiden yang tidak takut dengan Amerika. Dia berani dengan lantang menolak permintaan Amerika yang dia rasa merugikan Iran. Ia pun tak segan-segan terus mengembangkan nuklir di Iran meskipun selalu dikecam oleh Negara barat. Itulah beberapa keterangan dari biografi singkat yang dapat saya sampaikan. Ahmadinejad merupakan tauladan dan impian bagi seluruh pemimpin di negara lain. Sosok yang luar biasa itu bahkan pernah disebut-sebut sebagai imam Mahdi yang dalam agama islam dikenal sebagai pemimpin yang nantinya akan mengalahkan dajjal di akhir zaman. Namun itu semua bukanlah sebuah doktrin untuk dipercaya, karena hanya Allah yang akan menjawabnya kelak. Dan dari biografi singkat ini dapat bermanfaat untuk para pembaca khususnya generasi muda untuk selalu meneladani kebaikan Ahmadinejad.

Itulah beberapa contoh paragraf deskripsi yang bisa admin sampaikan pada kesempatan kali ini. semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk membantu kamu dalam belajar. sekian dan terima kasih.