Jumat, 13 Oktober 2017

Kumpulan Contoh Paragraf Induktif Singkat dan Lengkap

Contoh Paragraf Induktif -  Sebelum masuk ke contohnya, sudah tahukah kamu apa pengertian dari paragraf induktif ? paragraf induktif adalah sebuah paragraf yang menjabarkan hal-hal khusus terlebih dahulu pada awal paragraf lalu disimpulkan menjadi suatu hal yang umum yang mencakup semua hal khusus tadi. dengan istilah lain paragraf induktif adalah sebuah paragraf yang kalimat utamanya berada pada akhir paragraf.

Dalam pelajaran bahasa indonesia, paragraf induktif sendiri dibagi menjadi 3 jenis, yakni : generalisasi, Analogi dan Hubungan Kausal. dimana paragraf induktif ini memiliki ciri-ciri : Kalimat utama atau topik utamanya berada di akhir paragraf, Kalimat disusun dari uraian atau penjelasan yang bersifat khusus diikuti dengan kalimat pernyataan yang umum dan Kalimat penjelasnya merupakan kalimat yang mendukung gagasa utama.

Nah, setelah membaca sedikit penjelasan dari admin seperti diatas tentang pengertian, jenis dan ciri ciri paragraf induktif. kini kita langsung saja masuk ke pokok bahasan yaitu tentang contohnya. silahkan kamu lihat contoh paragraf induktif  yang sudah admin rangkumkan dibawah ini agar kamu lebih paham :

Contoh Paragraf Induktif




Contoh Paragraf Induktif 1
Tidak sedikit dari kita yang menanamkan satu pemikiran dalam hati. Buat apa memikirkan uang, sebab rezeki sudah ada yang mengatur. Bekerja hanya demi uang terkadang disandingkan dengan pemikiran yang negatif seolah manusia rakus maupun hanya memikirkan materi saja. Padahal dengan pemikiran yang jauh lebih bijaksana, kita dapat melihat bahwa bekerja untuk memperoleh uang yang cukup untuk kehidupan akan menjadikan hidup kita menjadi lebih berkualitas. Uang memang dicari hanya untuk lebih menyempurnakan sisi-sisi lain yang dapat kita raih semasa hidup.

Contoh Paragraf Induktif 2
Berbagai program dan juga komunitas pengembangan kewirausahaan untuk pelajar dan mahasiswa sekarang ini memang sudah merebak dimana-mana. Bahkan kemajuan teknologi juga memungkinkan kita menyerap ilmu serta pengetahuan bisnis dengan sangat mudah. Bahkan ada selentingan juga seandainya kita mempunyai rencana bisnis yang sangat keren, maka kita dapat dengan mudah memperoleh modal untuk memulai sebuah bisnis. Dan antusiasme untuk menjadi pengusaha semenjak duduk di bangku kuliah pun juga sudah meningkat dengan pesat.

Contoh Paragraf Induktif 3
Demam tinggi atau panas selama beberapa hari memang bisa dicuriai sebagai demam berdarah. Pasalnya seseorang yang menderita penyakit demam berdarah juga kerap mengalami pendarahan dari lubang hidung maupun mimisan. Bahkan selain itu, juga muncul bintik-bintik merah yang ada di dalam tubuh. Memang demam berdarah dapat di tandai dengan beragam gejala yang selayaknya segera memperoleh penanganan medis.

Contoh Paragraf Induktif 4
Sebagai bukti lemahnya daya serap pelajar yang ada di Indonesia, maka kita bisa merujuk dari hasil laporan penelitian IEA atau International Education Achieviement tahun 2002 yang menyatakan bahwa kemampuan membaca untuk tingkat SD saja Indonesia terpuruk dengan urutan 38 dari 39 peserta. Sedangkan untuk kemampuan daya serap matematika siswa SMP kita masuk urutan 39 dari 42 peserta. Begitu pun untuk kemampuan IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam Indonesia masuk dalam urutan 40 dari 42 peserta. Laporan ini mengindikasikan secara umum bahwa kemampuan daya serap pelajar kita memang sangat rendah.

Contoh Paragraf Induktif 5
Karya sastra adalah hasil olahan imajinasi oleh para pengarangnya. Pengarang memang harus membebaskan imajinasinya supaya hasil karyanya ini berkualitas. Tanpa daya imajinasi, maka mustahil bila seorang pengarang berhasil menciptakan suatu karya sastra yang bernilai tinggi. Maka dari itu, imajinasi adalah aspek yang sangat penting dalam proses penciptaan suatu karya sastra.

Demikianlah yang bisa admin sampaikan pada kesempatan kali ini seputar ulasan tentang pengertian, jenis, ciri dan contoh paragraf induktif. semoga dengan adanya sedikit ulasan yang admin berikan ini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolah terutama dalam mapel bahasa indonesia. semoga bermanfaat dan selamat belajar.