-->

Kumpulan Contoh Paragraf Campuran Singkat

- Maret 26, 2018
Contoh Paragraf Campuran - Sudah tahukah kamu apa yang dimaksud dengan paragraf campuran ? paragraf campuran atau yang sering juga disebut dengan paragraf deduktif-induktif adalah paragraf yang memiliki gagasan utama terletak pada kalimat pertama dan terakhir. biasanya, isi dari kalimat terakhir mengulangi gagasan pada kalimat pertama dengan sedikit tekanan dan variasi.

Nah, setelah kamu meggetahui pengertian paragraf campuran. kamu juga harus tahu ciri-iri dari paragraf ini agar lebih mudah dalam mengenalinya. apa saja ciri ciri paragraf campuran ? paragraf campuran biasanya memiliki ciri sebagai berikut : kalimat pokok berada pada awal dan akhir paragraf, memiliki kalimat penjelas atau pendukung pada tengah paragraf, mempunyai struktur paragraf umum-khusus-umum dan ciri yang terakhir adalah adanya pengulangan ataupun variasi pada beberapa kata kunci di awal maupun akhir paragraf.

Sampai disini sudah jelas bukan ? tentang apa pengertian paragraf campuran beserta ciri cirinya ? jika sudah, untuk melengkapinya, berikut admin sertakan berbagai macam contoh paragraf campuran  yang bisa kamu lihat seperti di bawah ini :

Contoh Paragraf Campuran




Contoh Paragraf Campuran 1
Banyak sekali macam olahraga yang kita kenal termasuk renang. Renang sendiri memberikan banyak sekali manfaat, baik kesehatan jasmani maupun rohani. Hal ini ditunjukkan dengan banyak orang yang menjadikan renang sebagai aktivitas refreshing. Adapun beberapa atlet renang yang kini sedang naik daun yaitu Michael Phelps dan Leisel Marie Jones. Maka tak heran, apabila olahraga renang masih populer hingga saat ini.
Contoh Paragraf Campuran 2
Indonesia merupakan negera dengan kekayaan alam yang sangat berlimpah. Dengan wilayah yang terdiri dari banyak sekali pulau besar dan kecil, sudah barang pasti negera Indonesia mempunyai wilayah lautan yang tidak sedikit. Begitu pula dengan daratannya, dengan kombinasi antara dataran rendah dan tingginya yang saling menyambung semakin memperluas cakupan kekayaan hayati tanah air. Laut yang sangat luas menyimpan kekayaan hewani dan potensi kelautan lainya. Di tanah kering pun, keberaneka ragaman flora dan fauna juga menambah inventaris kekayaan Indonesia. Belum lagi dengan penampakan alam nya yang indah, terbentang dengan sangat elok dari sabang hingga kota merauke. Semuanya merupakan kombinasi yang tepat mengisi kazanah negeri ini. Melihat semua potensi tersebut, tidak diragukan lagi memang Indonesia merupakan negara yang sangat kaya.
Contoh Paragraf Campuran 3
Facebook adalah tempat curhat online para facebooker. Hampir setiap detik selalu ada saja yang menceritakan kesedihannya disitus media sosial ini. Mengungkapkan perasaannya terhadap sesuatu, bahkan ada pula yang menuliskan kronologis kejadian yang menimpa dirinya dengan terstruktur.
Melalui statusnya, para teman atau kerabat akan mulai singgah memberi like dan komentar yang berisi saran. Kecepatan dan kemudahan inilah yang membuat Facebook dirasa sebagai tempat curhat online yang paling tepat.
Contoh Paragraf Campuran 4
Para petani sawit terancam stress setelah harga buah kelapa sawit menurun drastis. Bagaimana tidak, yang tadinya harga perkilo dibandrol Rp 2.000,- kini rata-rata sudah mencapai angka sekitar 400 rupiah per kilonya.
Padahal kebanyakan mereka hanya mengandalkan penghasilan dari satu sumber saja, yaitu bertani sawit. Ada juga yang berani meminjam uang dengan jumlah besar di Bank dan tempat lainya dan setelah harga menurun seperti ini, dengan apa mereka akan melunasi hutang-hutangnya.
Akibat dari anjloknya harga sawit secara besar-besaran, banyak pula dari mereka yang terpaksa menjual lahan pertanian miliknya untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari, dan setelah uang tersebut habis, maka tidak ada lagi lapangan kerja untuknya dan potensi keterpurukan para petani kelapa sawit akan semakin meningkat.


Demikianlah yang bisa admin sampaikan pada kesempatan kali ini tentang sedikit ulasan yang membahas pengertian, ciri dan contoh paragraf campuran ini. semoga dengan adanya ulasan ini bisa membantu kamu dalam belajar, sehingga kamu bisa membuat paragraf campuran dengan hasil pemikiran sendiri. selamat belajar.
 

Start typing and press Enter to search