Selasa, 09 Januari 2018

Kumpulan Contoh Paragraf Ineratif Singkat dan Lengkap

Contoh Paragraf Ineratif - Sudah tahukah kamu tentang apa yang dimaksud dengan paragraf ineratif ? jika belum, silahkan kamu simak penjelasan singkat admin berikut ini. paragraf ineratif adalah sebuah paragraf yang letak kalimat utamanya berada pada tengah-tengah paragraf. paragraf ini sendiri dikembangkan dengan pola khusus-umum-khusus yang biasanya menyajikan atau memaparkan hal-hal yang khusus terlebih dahulu sebagai pengantar, lalu menyajikan gagasan utamanya dan kemudian diikuti dengan penjelasan hal khusus tersebut untuk memperkuat gagasan utamanya.

Sedangkan dilihat dari ciri-cirinya, biasanya paragraf ineratif memiliki ciri seperti : Gagasan utama terletak di kalimat utama pada bagian tengah paragraf, Diawali dengan hal – hal khusus terlebih dahulu sebagai pengantar gagasan utama dan yang terakhir memiliki ciri diakhiri kembali dengan hal khusus sebagai penguat gagasan utama. nah, setelah kamu tahu tentang pengertian dari paragraf ineratif beserta ciri-cirinya. agar lebih jelas, silahkan kamu lihat beberapa contoh paragraf ineratif yang sudah berhasil admin rangkum seperti dibawah ini :

Contoh Paragraf Ineratif



Contoh Paragraf Ineratif 1


Pemberian subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang menjadi agenda pemerintah ternyata bagaikan dua sisi mata uang yang berbeda, yaitu terdapat sisi positif dan sisi negatif. Di satu sisi, dengan tidak menaikkan harga BBM merupakan berita gembira untuk masyarakat.

Namun di sisi lain hal tersebut membuat volume BBM meningkat sehingga beban pemerintah terhadap subsidi BBM semakin meningkat pula. Hal ini dapat di ibaratkan dengan sekeping mata uang logam yang memiliki 2 sisi mata uang dengan gambar dan maksud yang berbeda pada setiap sisinya.

Ada konsekuensi dengan tidak dinaikkannya harga BBM yaitu bertambahnya volume pemakaian BBM. Namun di satu hal dengan di naikkannya Bahan Bakar Minyak ( BBM ) oleh pemerintah, biasanya bahan-bahan pokok kebutuhan sehari-hari pun ikut mengalami kenaikkan harga. Ini sangat memberatkan masyarakat pada umumnya terutama kalangan menengah ke bawah. Bahkan bukan hanya kebutuhan pokok saja, tapi pelayanan publik pun akan sendirinya mengalami kenaikkan tarif..

Contoh Paragraf Ineratif 2


Pada zaman dahulu desain mobil sangat sederhana, mesinnya hanya digerakan dengan tenaga uap sehingga kecepatan yang dapat dicapai tidaklah begitu cepat. Bahkan mobil-mobil ini tidak bisa melaju ke tempat yang sangat jauh.

Tetapi saat ini mobil telah bertransportasi menjadi sebuah teknologi yang sangat canggih. Bentuk desainnya kini beraneka ragam, ada yang sporty, elegan, mewah dan masih banyak lagi. Mesinnya pun kini telah sangat canggih dan digerakan dengan bahan bakar minya yang sehingga mampu untuk melaju dengan sangat cepat di lintasan.

Dan terlebih lagi, teknologi mobil saat ini telah dilengkapi dengan alat-alat canggih lainnya, seperti GPS, ponsel, pemutar musik, radio, televisi dan lain-lain. Tidak hanya dilengkapi dengan alat-alat canggih, saat ini mobil juga didukung dengan alat keselamatan bagi penggunanya misalnya air bag, sistem rem otomatis dan lain-lain.

Contoh Paragraf Ineratif 3


Dengan adanya pengetahuan dan wawasan kita dapat pergi kemanapun yang kita mau. Disamping itu, kita juga dapat meraih apapun yang kita impikan dalam hidup. Namun, ada saatnya ilmu yang kita miliki dapat menghancurkan kita apabila kit tidak perduli dengan ajaran – ajaran agama. Oleh karena itu adanya ilmu sangatlah bermanfaat tetapi disamping itu kita memerlukan agama yang dapat membatasi kita dengan hidup duniawi yang terkadang dapat menghancurkan kita. Manusia bisa saja menggunakan ilmu yang mereka miliki dengan tidak baik contohnya saja koruptor mereka adalah orang – orang yang berpendidikan dan memiliki pengetahuan luas tetapi ilmu yang mereka miliki merugikan banyak orang. Maka dari itu adanya agama sangatlah diperlukan untuk menjadikan pedoman hidup yang akan membuat batasan bagi hal buruk.


Bagaimana ? sudah mengertikah kamu dengan apa yang dimaksud dengan paragraf ineratif dari penjelasany yang sudah admin berikan seperti diatas ? jika sudah, seharusnya kini kamu sudah bisa menyelesaikan tugas dari sekolah dengan benar dan sudah bisa membuat paragraf ineratif sendiri. sekaian yang bisa dmin sampaikan pada kesempatan kali ini tentang contoh paragraf ineratif ini. semoga bermanfaat dan selamat belajar.