Kamis, 04 Mei 2017

Contoh Kata Penghubung Intrakalimat dan Antarkalimat

Contoh Kata Penghubung - Ada banyak macam kata penghubung yang digunakan dalam sebuah kalimat pada bahasa indonesia. sebut saja konjungsi koordinatif, korelatif dan subordinatif. sebelum membahas lebih dalam lagi tentang kata penghubung beserta macamnya, sudah tahukah kamu apa yang dimaksud dengan kata penghubung ? kata penghubung atau yang sering disebut konjungsi (kata sambung) kata yang menghubungkan kata dengan kata dalam sebuah kalimat atau menghubungkan kalimat dengan kalimat dalam sebuah paragraf. Kata penghubung dalam bahasa Indonesia berarti kata tugas yang menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat: kata dengan kata, frasa dengan frasa, atau klausa dengan klausa. Sedangkan pengertian yang lain dari konjungsi adalah kategori yang berfungsi untuk meluaskan satuan yang lain dalam konstruksi hipotaktis, dan selalu menghubungkan dua satuan lain atau lebih dalam konstruksi.

Setelah kalian tahu pengertian dari kata penghubung, mari kita masuk ke pembahasan selanjutnya. yakni, tentang jenis kata penghubung yaitu konjungsi koordinatif dan subordinatif. yuk kita bahas satu persatu pengertian dari dua jenis konjungsi diatas.

1. Konjungsi Koordinatif
Konjungsi Koordinatif adalah kata penghubung yang menghubungkan dua klausa atau lebih yang mempunyai status sederajat. Contoh konjungsi koordinatif yakni : dan, tetapi, atau, sedangkan, melainkan, padahal, lalu, kemudian.

2. Konjungsi Subordinatif
Konjungsi Subordinatif adalah kata penghubung yang menghubungkan dua klausa atau lebih dengan status yang tidak sama derajatnya, diantaranya : ketika, sejak, biar, seperti, setelah, jika, andai, kalau, supaya, bagai, ibarat, sehingga, karena.


Konjungsi Subordinatif sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, yakni : Hubungan waktu, Hubungan syarat, Hubungan pengandaian, Hubungan tujuan, Hubungan konsesif, Hubungan pemiripan, Hubungan penyebaban, Hubungan pengakibatan, Hubungan penjelasan dan yang terakhir adalah Hubungan cara.

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini sudah admin rangkumkan beberapa contoh kata penghubung beserta cara penggunaannya dalam sebuah kalimat yang bisa kamu lihat selengkapnya berikut ini :

1. Contoh Konjungsi Koordinatif

Contoh: dan, namun, tetapi, atau, padahal, sedangkan, dan serta.

Contoh kalimat:
1. Ibu membeli semangka, jeruk, dan apel.
2. Udin ingin membeli ponsel, sedangkan Reza ingin membeli komputer.
3. Ridho bingung mau memilih jurusan IPA atau IPS.
4. Kardi harus melunasi hutangnya atau rumahnya akan disita.
5. Ia masih belum lancar berhitung, padahal ia sudah kelas lima SD.
6. Ia meminjam uang lagi, padahal hutang yang sebelumnya belum dilunasi.
7. Yanti ingin kuliah, tetapi ia tidak punya uang.
8. Danu adalah anak orang kaya, tetapi ia tidak sombong.
9. Dita berangkat sekolah menggunakan bus, sedangkan Fani berjalan kaki.
10. Mustofa dan Irfan mendapat teguran dari sekolah karena tiga hari berturut-turut tidak berangkat sekolah tanpa keterangan.

2. Contoh Konjungsi Korelatif

Contoh:

jangankan …, … pun
baik … maupun
sedemikian rupa … sehingga
bukan hanya …, melainkan
tidak hanya …, tetapi juga
apakah … atau

Contoh kalimat:
1. Jangankan motor, mobil pun bisa ia beli.
2. Baik Lena maupun Reina, keduanya sama-sama pintar bahasa Inggris.
3. Sedemikian rupa bangunan itu dibangun sehingga pondasinya sangat kuat.
4. Vania bingung apakah tetap tinggal di rumah itu atau harus pindah.
5. Rahman tidak hanya bekerja sebagai guru, tetapi juga sebagai pengusaha.


3. Contoh Konjungsi Subordinatif

Contoh: kalau, jika, bila, tanpa, bahwa, walaupun, meskipun, biarpun, yang, sebab, karena, sampai, sehingga, seolah-olah, seperti, andaikan, seandainya, selama, sebelum, sesudah, semenjak, saat, ketika, dengan, dan tanpa.

Contoh kalimat :
1. Jika punya cukup uang, ia akan membeli sepeda motor.
2. Ardi makan bakso tanpa sambal.
3. Meskipun bekerja sebagai pemulung, ia mampu berkurban.
4. Seandainya tidak hujan, Caca akan main ke rumah Sisi.
5. Somad dipecat oleh bosnya karena sering terlambat masuk kerja.
6. Tri sudah bisa mengendarai sepeda sejak usia 5 tahun.
7. Intan belajar selama 1 jam.
8. Robi belajar dengan sungguh-sungguh.
9. Irwan tidur ketika hujan.
10. Erwin membiasakan diri belajar sebentar setelah salat subuh.


Bagaimana ? cukup lengkap bukan pembahasan seputar kata penghubung (kojungsi) yang admin ulas pada kesempatan kali ini ? silahkan baca dengan pelan dan teliti agar cepat paham dan kamu bisa menggunakan kata penghubung dalam sebuah kalimat yang pas dan benar. sekian dari admin, semoga ulasan tentang jenis beserta contoh kata penghubung ini bisa membantu kamu dalam belajar. Terima Kasih