Rabu, 23 Agustus 2017

Contoh Kalimat Sinestesia Beserta Penjelasannya

Contoh Kalimat Sinestesia - Setelah kemarin admin sudah mengulas tentang kalimat simpleks dan kalimat definisi. pada kesempatan kali ini admin akan kembali mengulas tentang kalimat yaitu kalimat Sinestesia. sebelum masuk ke pembahasan yang lebih dalam lagi, sudah tahukah kamu pengertian dari kalimat Sinestesia ? Sinestesia adalah perubahan makna kata yang dikarenakan adanya pertukaran tanggapan antara dua indra yang berbeda. Misalnya indra penglihat dengan indra pengecap atau indra pendengar dengan indra peraba.

Dalam bahasa kita yakni bahasa indonesia, memang memiliki berbagai macam kalimat. saking banyaknya terkadang kamu sampai bingung jika disuguhkan dengan soal kalimat yang hampir mirip. maka dari itu, belajar bahasa indonesia membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi agar dapat membedakan antara kalimat yang satu dengan yang lainnya. agar ppembahasan ini semakin lengkap, berikut ini admin berikan 10 Contoh Kalimat Sinestesia beserta penjelasannya yang bisa kamu lihat selengkapnya dibawah ini :


Contoh Kalimat Sinestesia



  • Aaron Ramsey melepaskan umpan manis kepada Theo Wallcot yang dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang Chelsea di ajang FA Cup tadi malam.
Penjelasan : ” Umpan Manis ” disini pada dasarnya adalah sebuah umpan yang kita lihat, bukan umpan yang kita kecap dengan lidah. Jadi telah terjadi pertukaran tanggapan antara indra penglihat ( mata ) dengan indra pengecap ( lidah ).

  • Muka ibu itu mendadak kecut setelah mendengar kabar anaknya hamil diluar nikah.
Penjelasanya : ” Muka Kecut ” disini pada dasarnya adalah muka yang kita lihat, bukan muka yang kita kecap dengan lidah. Jadi telah terjadi pertukaran tanggapan antara indra penglihat ( mata ) dengan indra pengecap ( lidah ).

  • Fitriani telah dikecewakan oleh sang pacar, oleh karena itu sekarang dia bersikap dingin kepada setiap lelaki yang mencoba untuk mendekatinya.
Penjelasan : ” Bersikap Dingin ” disini pada dasarnya adalah sebuah sikap yang kita lihat, bukan sikap yang kita rasakan dengan kulit. Jadi telah terjadi pertukaran tanggapan antara indra penglihat ( mata ) dengan indra peraba ( kulit ).

  • Omomganmu itu sungguh nggak ngenakin.
Penjelasanya : ” Omongan Nggak Enak ” disini pada dasarnya adalah sebuah omongan yang kita dengarkan, bukan omongan yang kita kecap dengan lidah. Jadi telah terjadi pertukaran antara indra pendengar ( telinga ) dengan indra pengecap ( lidah ).

  • Saat ini banyak remaja putri yang mengalami pelechan seksual setelah mereka terbuai oleh rayuan manis dari orang asing yang baru dikenalnya.
Penjelasan : ” Rayuan Manis ” disini pada dasarnya adalah sebuah rayuan yang kita dengarkan, bukan rayuan yang kita lihat kecap dengan lidah. Jadi telah terjadi pertukaran tanggapan antara indra pendengar ( telinga ) dengan indra pengecap ( lidah ).

  • Setelah mengetahui fakta bahwa suaiminya telah berselingkuh dengan wanita lain, Bu Diana lalu menghina selingkuhan suaminya itu dengan kata – kata yang sangat pedas.
Penjelasanya : ” Kata Pedas ” disini pada dasarnya adalah sebuah perkataan yang kita dengar, bukan perkataan yang kita kecap dengan lidah. Jadi telah terjadi pertukaran tanggapan antara indra pendengar ( telinga ) dengan indra pngecap ( lidah )

  • Cinta membawakan sebuah puisi yang indah buat Rangga kekasih hatinya sebelum Rangga pergi ke NewYork, Amerika.
Penjelasan : ” Puisi Indah ” disini pada dasarnya adalah sebuah puisi yang kita dengarkan, bukan puisi yang kita lihat dengan mata. Jadi disini telah terjadi pertukaran tanggapan antara indra pendengar ( telinga ) dengan indra penglihat ( mata ).

  • Orang tua sebaiknya tidak berbicara kasar di depan anaknya bila tidak ingin nanti anaknya akan berbicara kasar pula karena mencontoh kedua orang tuanya.
Penjelasanya: ” Berbicara Kasar ” disini pada dasarnya adalah sebuah pembicaraan yang kita dengarkan, bukan pembicaraan yang kita raba dengan kulit. Jadi telah terjadi pertukaran tanggapan antara indra pendengaran ( telinga ) dengan indra peraba ( kulit ).

  • Masakan istriku baunya enak sekali sehingga membuatku tak sabar untuk segera mencicipinya.
Penjelasanya : ” Baunya Enak ” disini pada dasarnya adalah sebuah bau yang kita cium oleh hidung, bukan bau yang kita kecap dengan lidah. Jadi telah terjadi pertukaran tanggapan antara indra penciuman ( hidung ) dengan indra pengecap ( lidah ).

  • Seorang murid melontarkan kritik tajam pada guru mereka yang sering datang terlambat, setelah itu dia dipanggil guru BP dan dihukum
Penjelasanya : ” Kritik Tajam “disini pada dasarnya adalah sebuah kritik yang kita dengar, bukan kritik yang kita raba dengan kulit. Jadi telah terjadi pertukaran tanggapan antara indra pendengar ( telinga ) dengan indra peraba ( kulit ).


Bagaimana ? setelah membaca sedikit ulasan dari admin diatas tentang pengertian dan Contoh Kalimat Sinestesia beserta penjelasannya kurang lebih sudah membantu kamu dalam memahaminya bukan ? admin rasa cukup sekian untuk kali ini, semoga ulasan ini bisa membantu kamu dalam mengerjakan tugas sekolah dan selamat belajar.