-->

Contoh Autobiografi Diri Sendiri Singkat dan Jelas

- Juli 28, 2018
Contoh Autobiografi Diri Sendiri - Kamu sedang mendapatkan tugas untuk membuat autobiografi singkat tentang diri sendiri dari sekolah dan masih bingung dalam mengerjakannya ? jika iya, terlebih dahulu kamu harus tahu dengan apa yang dimaksud dengan autobiografi. lalu apa pengertian dari autobiografi ? dan apa perbedaanya dengan biografi ? kamu tidak usah bingung, karena pada kesempatan kali ini admin akan membahas tuntas tentang autobiografi beserta contohnya agar kamu bisa lebih paham.

Kita masuk pada pengertiannya dulu. autobiografi adalah tulisan yang berisi tentang tentang pengalaman, riwayat atau perjalanan hidup seseorang mulai dari masa kecil sampai keadaannya sekarang ini yang ditulis oleh dirinya sendiri. lantas apa bedanya dengan biografi ? perbedaan mencolok antara keduanya adalah dari sudut pandangnya. autobiografi merupakan kisah perjalanan hidup seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri atau ‘seolah-olah’ ditulis orang itu sendiri (sudut pandang pihak pertama). sedangkan biografi kisah perjalanan hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain atau ‘seolah-olah’ ditulis orang lain (menggunakan sudut pandang ketiga).


Lalu apa tujuan dari ditulisnya sebuah autobiografi ? tujuannya adalah untuk :
1. Mengenalkan diri kita secara lebih detail kepada orang lain
2. Memberikan gambaran, pelajaran serta kisah-kisah inspiratif bagaimana seseorang dapat ‘sukses’ dalam bidang yang sedang digeluti sekarang ini, baik itu dalam karir, bisnis, politik ataupun bidang lainnya.
3. Bahan pencitraan seseorang

Setelah kamu tahu tentang pengertian, tujuan, serta perbedaan antara auotbiografi dan biografi seperti yang sudah admin jabarkan diatas. kamu juga perlu mengetahui poin terpenting dalam cara-cara penulisan autobiografi yang baik dan benar seperti kamu harus Ingat dan Catat Peristiwa – Peristiwa Penting dalam hidupmu, Tuliskan Karakter Tokoh, Membuat Kerangka Karangan lalu dilanjut dengan Memulai Menulis. jika hal tersebut sudah bisa kamu kuasai, tentu menulis sebuah autobiografi bisa menjadi lebih mudah.

Contoh Autobiografi Diri Sendiri




Untuk melengkapi ulasan ini. berikut admin sertakan contoh autobiografi tentang diri sendiri yang bisa kamu jadikan referensi dalam menulis autobiografimu sendiri :

Contoh Autobiografi Diri Sendiri

Namaku Dewi Anggraeni, lahir di Majalengka, 12 Desember 1997. Aku adalah anak kedua dari lima bersaudara, buah dari pasangan Dimas Koswara dan Nyimas Ratuwangi. Dewi adalah panggilan akrabku, Aku terlahir dari keluarga yang sangat sederhana. Ayahku seorang pegawai negeri sipil di lingkungan Pemda. Sedangkan Ibuku adalah seorang guru di sebuah madrasah tsanawiyah tak jauh dari rumah. Sejak kecil Ayah selalu menasehatiku agar rajin beribadah, bersikap jujur dan baik terhadap sesama.

Ketika berumur 6 tahun, aku mulai bersekolah di SDN 1 Pasawahan, Majalengka, kemudian setelah lulus melanjutkan pedidikan di SMPN 4 Majalengka di tahun 2009. Selepas lulus SMP di tahun 2012. Aku pindah ke kota Bandung dan tinggal bersama paman di sekitaran daerah Buah Batu dan melanjutkan pendidikan di salah satu SMA yang tak jauh dari sana.

Sejak menginjak kelas SMP dulu sebetulnya aku sudah suka dengan dunia kepenulisan, saya suka membaca dan menulis puisi-puisi ataupun cerpen walaupun tak pernah aku publikasikan kepada siapapun termasuk teman-teman dekatku. Rasa minder dan merasa tulisanku jelek kadang membuatku merasa tak berbakat menjadi seorang penulis.

Ketika menginjak kelas X SMA, aku memberanikan diri mengikuti lomba menulis puisi antar SMA se-Kota Bandung, ketika itu aku mengirimkan 2 puisi bertemakan remaja dan pendidikan.

Ketika menginjak kelas X SMA, aku mengikuti lomba menulis puisi antar sekolah se-Kota Bandung dan puisiku yang berjudul “ Senja di Barat Cikapundung" menjadi juara ke 3 dalam perlombaan tersebut. Tentu saja ini membuat hatiku senang dan semakin bersemangat dalam menulis, terutama puisi-puisi bertemakan lingkungan. Bagiku lingkungan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan karena lingkungan yang bersih dan asri dapat membuat jiwa manusia kuat dan sehat.

Selain itu aku juga aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah, aku bergabung dengan organisasi Pramuka dan juga pernah menjabat sebagai pemimpin redaksi majalah dinding sekolah.

Saat ini aku masih duduk di kelas XII SMA jurusan Bahasa, setelah lulus nanti aku berencana untuk melanjutkan kuliah di jurusan Sastra Indonesia Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.




Bagaimana ? setelah kamu membaca ulasan dari admin tentang pengertian, tujuan, perbedaan beserta Contoh Autobiografi Diri Sendiri diri sendiri diatas tentu kamu sudah bisa dong membuat autobiografimu sendiri ? jika sudah bisa, lekas kerjakan dengan teliti ya, agar dapat nilai bagus nantinya. mungkin itu saja dari admin untuk kesempatan kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu dan selamat belajar.
 

Start typing and press Enter to search