-->

Contoh Paragraf Persuasi Singkat Tentang Lingkungan

- Maret 26, 2018
Contoh Paragraf Persuasi - Sudah tahukah kamu tentang apa yang dimaksud dengan paragraf persuasi ? paragraf persuasi adalah sebuah paragraf yang berisi kalimat berupa ajakan atau perintah (membujuk) agar pembaca mau melakukan sesuatu seperti yang penulis ungkapkan dalam paragraf tersebut. lalu apa saja ciri paragraf persuasi ? yang pertama, paragraf persuasi memiliki alasan kuat disertai dengan data dan fakta, berusaha meyakinkan pembacanya untuk melakukan atau mempercayai yang ditulis oleh penulis, menggunakan kata-kata ajakan seperti ayo, mari, lakukanlah, dan lain-lain. dan ciri yang terakhir yakni menghindari konflik agar kepercayaan pembacanya tidak hilang dan supaya kesepakatan pendapat antara penulis dan pembaca tercapai.


Sedangkan jika dilihat dari fungsinya, paragraf ini dibedakan menjadi 4 jenis paragraf yakni, Paragraf Persuasi Politik, Paragraf Persuasi Pendidikan, Paragraf Persuasi Advertensi dan yang terakhir adalah Paragraf Persuasi Propaganda. Paragraf persuasi sendiri banyak digunakan oleh media maupun produsen produk-produk tertentu bahkan juga digunakan dalam kepentingan politik yang tentu saja tujuan utamanya adalah mempengaruhi pembaca dengan tulisan yang berisik ajakan maupun bujukan. agar kamu bisa lebih paham lagi, berikut ini sudah admin rangkumkan beberapa Contoh Paragraf Persuasi singkat yang bisa kamu pelajari seperti dibawah ini :

Contoh Paragraf Persuasi


Contoh Paragraf Persuasi 1

Tanah longsor telah menjadi masalah tersendiri di wilayah pegunungan. Banyak kerugian yang bisa di akibat kan oleh tanah longsor baik kerugian material maupun non-material. Namun yang perlu kita sadari adalah penyebab tanah longsor sebagian besar di akibat kan oleh ulah manusia sendiri yang terus merusak hutan hijau. Mulai dari melakukan illegal logging sampai pembakaran hutan untuk area pertanian. Oleh karena itu agar tanah longsor tidak ter ulang kembali perlu adanya sikap nyata dari kita untuk menjaga kelestarian hutan.

Contoh Paragraf Persuasi 2

Indonesia dahulu di kenal sebagai salah satu penghasil atau pengekspor minyak bumi terbesar. Namun tanpa kita sadari keadaan tersebut telah berubah hingga kita menjadi pengimpor minyak bumi dari negara-negara lain. Hal tersebut dikarenakan dari tahun ke tahun, kebutuhan konsumsi minyak bumi di Indonesia semakin meningkat dan pada kondisi tertentu Indonesia harus mengimpor minyak dari negara lain. Padahal apabila kita mau memanfaatkan energi non-minyak bumi yang ada di Indonesia, kita bisa menghemat jutaan barrel mnyak bumi yang kita miliki. Oleh karena itu kita harus beralih ke energi non- minyak yang sudah bisa kita optimalkan sebagai pengganti energi minyak seperti gas bumi, tenaga matahari (solar panel) yang bisa lebih menghemat persediaan energi minyak yang kian menipis.

Contoh Paragraf Persuasi 3

Penggunaan bahan makanan ternak yang mengandung bahan kimia memang dapat mempercepat pertumbuhan hewan ternak. Hasil yang dapat di produksi oleh hewan ternak menjadi dua kali lipat dari hasil normal. Tapi kekurangan dari penggunaan bahan kimia pada makanan ternak dapat memberikan dampak negatif pada hasil ternak karena bahan-bahan kimia tersebut dapat mempengaruhi kesehatan hewan ternak. Selain itu hasil produksi hewan ternak juga tidak menjadi alami sehingga mempengaruhi struktur zat yang terdapat pada hasil peternakan non-organik. Oleh karena beralih lah ke peternakan organik yang lebih sehat, karena pertanian organik memanfaatkan bahan makanan ternak yang berasal dari alam seperti rumput liar, sehingga hasil ternak lebih sehat dan struktur zat yang dihasilkan lebih alami.


Demikianlah yang bisa admin sampaikan pada kesempatan kali ini seputar pengertian, ciri beserta contoh paragraf persuasi tentang lingkungan hidup ini. semoga dengan adanya sedikit ulasan ini bisa membantu kamu dalam belajar. Terima Kasih
 

Start typing and press Enter to search