-->

Contoh Teks Anekdot Singkat Beserta Strukturnya

- Maret 26, 2018
Contoh Teks Anekdot - Teks anekdot adalah cerita singkat yang lucu yang kemungkinan merupakan sebuah pengalaman dari seseorang yang bertujuan menghibur pembacanya. biasanya teks Anekdot tidak hanya berisi tentang peristiwa – peristiwa menarik, konyol dan menjengkelkan, melainkan juga berisi tentang ungkapan suatu kebenaran yang lebih umum. teks anekdot sendiri biasanya memiliki ciri umum : menarik, lucu, menyindir , mengkritik, singkat, memiliki alur , memiliki latar waktu, tempat dan suasana, memiliki tujuan tertentu dan yang terakhir adalah terdapat objek (bisa orang tertentu/tidak).

Bagaimana ? sudah agak mengerti kan sekarang ? tentang pengertian dan ciri dari teks anekdot yang sudah admin sampaikan di atas ? jika sudah mari kita lanjut lagi ke strukturnya, apa saja ? jika dilihat dari strukturnya, teks anekdot memiliki struktur sebagai berikut ini :

  • Abstraksi : terletak di awal paragraf yang berfungsi memberi gambaran tentang isi teks.bagian ini juga menunjukkan hal unik yang akan ada di dalam teks.
  • Orientasi : merupakan bagian yang menunjukkan awal kejadian cerita atau latar belakang bagaimana perstiwa tersebut terjadi. pada bagian ini penulis bercerita secara detail.
  • Krisis : bagian terjadinya hal atau masalah yang unik atau tidak biasa yang terjadi pada penulis atau orang yang di ceritakan.
  • Reaksi : bagian bagaimana cara penulis atau yang ditulis menyelesaikan masalah yang timbul pada bagian krisis tadi.
  • Koda : bagian akhir cerita, bisa juga dengan memberi simpulan tentang kejadian yang dialami penulis atau orang yang ditulis.

Contoh Teks Anekdot



Setelah kamu tahu tentang pengertian, ciri ciri dan struktur dari teks anekdot. kini kita langsung masuk saja ke dalam contohnya, agar kamu lebih paham lagi dan bisa membuat teks anekdot dari pengalaman sendiri. berikut contoh teks anekdot yang bisa kamu jadikan referensi :


Bodrex

Suatu hari dibulan puasa , ada seoarang kakek sedang puasa tiba tiba kepalanya sakit, dengan panik sikakek langsung meminum obat bodrex yang tersedia dirumahnya, cucunya melihat kejadian itu langsung bertanya, “Kakek kan lagi puasa, kenapa minum obat ?” tanpa tampang berdosa, si kakek pun langsung menjawab, “ itulah okenya bodrex, bisa diminum kapan saja !!"

Bagian bagian struktur dari cerita anekdot ( bodrex ) diatas:

  1. Abstrak : suatu hari dibulan puasa
  2. Orientasi : seoarang kakek sedang puasa tiba tiba kepalanya sakit
  3. Krisis : dengan panik sikakek langsung meminum obat bodrex yang tersedia dirumahnya
  4. Reaksi : Kakek kan lagi puasa, kenapa minum obat
  5. Koda : si kakek pun langsung menjawab, “ itulah okenya bodrex, bisa diminum kapan saja !!




Kesetrika

Disiang hari yang panas, ada seorang pria datang kerumah sakit dengan kedua telinganya yang terkena luka bakar, Dokter : “Kenapa telinga anda” Pasien : “Begini dok, tadi saya sedang menyetrika pakaian saya, nah waktu saya sedang menyetrika, tiba-tiba telepon bordering, karena reflek, seketika itu seketrika yang saya pegang saya tempelkan ditelinga kanan saya dok.” Dokter: “ Ooo.. saya paham keluhan anda, terus telinga yang satunya lagi kenapa ? Pasien : “ Lah itu dok si bego itu nelpon lagi“

Bagian bagian struktur dari cerita anekdot ( Kesetrika ) diatas:

  1. Abstrak : Disiang hari yang panas
  2. Orientasi : seorang pria datang kerumah sakit dengan kedua telinganya yang terkena luka bakar
  3. Krisis : Pasien : “Begini dok, tadi saya sedang menyetrika pakaian saya, nah waktu saya sedang menyetrika, tiba-tiba telepon bordering, karena reflek, seketika itu seketrika yang saya pegang saya tempelkan ditelinga kanan saya dok.
  4. Reaksi : “ Ooo.. saya paham keluhan anda, terus telinga yang satunya lagi kenapa ?
  5. Koda : Lah itu dok si bego itu nelpon lagi.


Hukuman Penjara Seumur Hidup Untuk Pencuri Ikan

Sesudah di adili di pengadilan, seorang napi muda akhirnya djebloskan ke dalam penjara. Hari pertama, napi kawakan menanyanya: "Umurmu masih muda begini kok sudah masuk penjara, kejahatan apa gerangan yang telah kamu lakukan?"

"Mencuri ikan", jawab napi muda itu dengan singkat.

Napi kawakan: "Kamu divonis berapa tahun?"

"Aku divonis hukuman seumur hidup dengan masa percobaan 2 tahun."

Dengan rasa takjub napi kawakan itu menanya lebih jauh: "Mencuri ikan tak sampai dihukum seberat ini, masakan ikan yang kamu curi itu ikan paus?"

Napi muda: "Aku hanya membom ikan di dalam waduk, dengan sebuah detonator tenggelam, kemudian 3 ekor ikan mengambang di permukaan air..."

Napi kawakan: "Ini kan termasuk kasus biasa, paling-paling kamu ditahan 2 hari saja."

Napi muda: "Inti persoalannya ialah, tak lama kemudian mengapung pula mayat beberapa orang penyelam..."

Napi kawakan: “ hahaha, pantas saja kamu masuk penjara, ternyata yang kamu bom tidak cuma ikan saja, melainkan manusia juga ikut terkena bom tersebut .’’

Dan akhirnya napi kawakan tercengang dan tertawa akan penjelasan napi muda tersebut. Situasi kembali normal dan mereka bersama-sama berbincang-bincang dalam penjara.

Mengidentifikasi dalam hal struktur teks anekdot :

  1. Abstraksi : Setelah diadili napi muda di jebloskan kedalam penjara.
  2. Orientasi : Saat hari pertama di dalam penjara dan napi kawakan bertanya kepada napi
  3. muda mengapa dia di jebloskan ke penjara.
  4. Krisis : Hukuman seumur hidup napi muda karena membom ikan di dalam waduk dan ternyata ada mayat yang mengapung karena terkena bom.
  5. Reaksi : Napi kawakan tercengang dan tertawa akan penjelasan napi muda tersebut.
  6. Koda : Situasi kembali normal dan mereka berbincang-bincang dalam penjara.


Itulah dia yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini tentang ulasan yang membahas pengertian, ciri, struktur beserta contoh teks anekdot ini. semoga setelah membca ulasan ini, kamu bisa membuat sebuah teks anekdot yang lucu dari hasil pengalamanmu sendiri. sekian dari admin, semoga bermanfaat dan selamat belajar
 

Start typing and press Enter to search