-->

Contoh Teks Paragraf Eksposisi Singkat dan Jelas

- Maret 26, 2018
Contoh Paragraf Eksposisi - Kali ini saya Saya akan memberitahu pengertian Paragraf Eksposisi. Paragraf Eksposisi adalah paragraf atau karangan yang mempunyai tujuan untuk memberikan informasi mengenai sesuatu sehingga bisa memperluas pengetahuan pembaca. Paragraf eksposisi bersifat ilmiah/ nonfiksi. Sumber karangan paragraf eksposisi ini bisa diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman kalian.

Ciri-Ciri Contoh Teks Eksposisi :

1. Paragraf eksposisi bersifat Netral dalam artinya tidak memihak, dan tidak memaksakan sikap si penuslis paragraf
2. Paragraf eksposisi memberikan pengertian ataupun pengetahuan
3. Paragraf eksposisi bisa menjawab tentang apa, mengapa, kapan dan bagaimana
4. menggunakan bahasa yang baku dan lugas


Macam macam Teks Eksposisi
1.Eksposisi definisi
2. Eksposisi klasifikasi
3. Eksposisi laporan
4. Eksposisi ilustrasi (contoh)
5. Eksposisi proses
6. Eksposisi perbandingan & pertentangan, dan

Ini dia Contoh Teks Eksposisi :
1.Bekam atau hijamah ialah sebuah teknik pengobatan yang dilakukan dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh lewat permukaan kulit. menurut pemahaman umum, sebenarnya ia berfungsi untuk membuang darah yang telah rusak atau teroksidasi karena tingginya oksidan dalam tubuh.

2. Hingga saat ini, bantuan untuk para korban letusan gunung merapi belum merata. Hal ini bisa disaksikan di beberapa wilayah sleman. Misalnya, di Desa P. Sampai saat ini, warga Desa P hanya makan singkong. Mereka mengambilnya dari beberapa kebun warga. Jika ada warga yang makan nasi, itu adalah sisa-sisa beras yang mereka kumpulkan di balik reruntuhan bangunan. Keadaan seperti ini menunjukkan bahwa bantuan pemerintah belum merata

3. Tumbuhan Jahe Zingiber officinale, merupakan tumbuhan rimpang yang telah terkenal dari dulu. Jahe sering di fungsikan sebagai bumbu atau penyedap rasa alami. Selain dapat menjadi rempah-rempah, tumbuhan ini dapat mengobati berbagai penyakit contohnya batuk, panas dalam dan bahkan kanker menurut penelitian yang ada. Tinggi tumbuhan ini sekitar 30 hingga 100 cm. Daun tumbuhan jahe berbentuk menyirip dengan ukuran panjang sekitar 15-23 mm dan lebar sekitar 8-15 mm. Tumbuhan Jahe memiliki rimpang atau akar yang berbentuk jemari yang menggembung pada bagian ruas ruas tengah. Nama Jahe sendiri dalam masyarakat adalah akar atau rimpang tersebut. Jahe memiliki rasa yang cukup pedas dan hangat yang disebabkan oleh adanya senyawa keton yaitu zingeron. Di pasaran, terdapat tiga jenis jahe yang sering dijual yaitu jahe merah, jahe gajah dan jahe kuning.

4. Oksigen atau O2 yang sekarang ini kita hirup dapat dikatakan berasal dari proses fotosintesis tumbuhan. Proses tersebut terjadi dalam daun tumbuhan. Langkah pertama, tumbuhan haruslah menyediakan tiga bahan yang dibutuhkan dalam reaksi fotosintesis yaitu sinar matahari, air, dan karbon dioksida sebagai sumber karbon. Karbon dioksida yang berada dalam udara bebas akan masuk ke dalam stomata (celah) tumbuhan yang terletak di daun. Di bagian kloroplas, energi matahari diserap oleh pigmen hijau atau klorofil untuk menyuplai energi dalam proses fotosintesis ini. Di bagian lain, air diangkut menuju daun dari akar melalui pembuluh xilem. Selanjutnya, sinar matahari yang mengenai klorofil akan memberikan energi untuk melangsungkan reaksi pemecahan air sehingga tersedia elektron yang dapat digunakan dalam reaksi selanjutnya. yang pada akhirnya akan menghasilkan glukosa dan oksigen. Glukosa yang dihasilkan oleh tumbuhan akan digunakan sebagai sumber makanan dan cadangan makanan tumbuhan dan oksigen yang ada dilepaskan ke udara.

Itulah sedikit informasi tentang Penjelasan Paragraf Eksposisi dan Contoh Contoh Paragraf Eksposisi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini. semoga bermanfaat dan selamat belajar.
 

Start typing and press Enter to search