Senin, 11 September 2017

Kumpulan Contoh Paragraf Sebab Akibat 1 Akibat 2

Pengertian, Ciri, dan Contoh Paragraf Sebab Akibat 1 Akibat 2 - Paragraf sebab - akibat adalah salah satu pengembangan paragraf dari paragraf induktif, dimana kalimat utamanya terletak di bagian akhir paragraf.

Nah, apakah Sobat sudah mengetahui apa itu kalimat sebab - akibat? Kalau tidak jangan khawatir karena artikel kali ini khusus membahas mengenai paragraf sebab - akibat. Berikut ini adalah pembahasan lengkap mengenai paragraf sebab akibat.


Pengertian

Paragraf sebab-akibat adalah paragraf yang dikembangkan dari pola induktif di mana kalimat utamanya terletak pada bagian akhir paragraf. Pada paragraf sebab-akibat, kalimat utama tersebut merupakan akibat dari sebab-sebab yang merupakan hal khusus yang dikemukakan pada bagian awal paragraf.


Ciri-ciri paragraf sebab-akibat :

  • Paragraf sebab akibat memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Paragraf sebab akibat diawali dengan hal-hal khusus yang merupakan sebab-sebab terjadinya suatu permasalahan.
  • Paragraf sebab akibat memiliki kalimat utama yang diletakkan pada bagian akhir paragraf.
  • Kalimat utama tersebut merupakan akibat atau kesimpulan.
  • Sebab-sebab yang dikemukakan pada bagian awal paragraf memiliki keterkaitan atau logis dengan akibat pada bagian akhir paragraf.








Contoh Paragraf Sebab Akibat 1 Akibat 2


  • Kurangnya infrastruktur di Indonesia mengakibatkan nilai investasi yang rendah. Hal ini mengakibatkan investor kurang berminat menanamkan modalnya di Indonesia, sehingga perkembangan ekonomi dinilai lambat. Oleh karena itu pemerintah mengambil tindakan menurunkan subsidi BBM dan menggunakannya untuk pembangunan infrastruktur. Akan tetapi hal ini menuai pro dan kontra. Daya beli masyarakat menjadi berkurang karena semua harga bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga sehingga masyarakat kesulitan membeli barang-barang kebutuhan pokok


  • Pasokan beras di pasar tradisional pun semakin lama semakin menipis sehingga masyarakat kesulitan mendapatkan beras. Hal ini mendorong pemerintah untuk melakukan impor beras dari negara tetangga dengan harapan masyarakat dapat terpenuhi kebutuhan pangannya selama menunggu hasil panen berikutnya.




Paragraf - paragraf di atas merupakan contoh paragraf sebab-akibat. Kunci dari kalimat jenis ini adalah kalimat utama berada di akhir paragraf dan merupakan sebuah kesimpulan/ akibat, dari sebab-sebab yang telah dijabarkan pada awal paragraf.

Demikianlah artikel kali ini mengenai pengertian, ciri, dan contoh paragraf sebab-akibat. Semoga artikel kali ini bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda untuk mempelajari mengenai paragraf. terimakasih atas kunjungannya dan teruslah belajar.