-->

Kumpulan Contoh Paragraf Narasi Singkat dan Lengkap

- Juli 29, 2018
Contoh Paragraf Narasi - Paragraf narasi adalah suatu karangan yang menceritakan secara rinci sebuah kejadian atau suatu peristiwa berdasarkan urutan waktu. peristiwa dalam sebuah paragraf narasi sendiri bisa benar-benar terjadi maupun hanya sebuah khayalan saja seperti pada roman, novel, cerpen, drama dan biografi yang termasuk ke dalam jenis tulisan narasi. nah, untuk kamu yang saat ini sedang mmepelajari tentang teks narasi dan masih bingung saat disuruh membuat paragraf sendiri jangan khawatir. karena setelah membaca ulasan admin dibawah ini pasti kamu akan segera bisa dan mengerti.

Contoh Paragraf Narasi


Paragraf narasi sendiri terbagi dalam 2 jenis, yakni paragraf narasi ekspositoris dan paragraf sugestif.

1. Teks Narasi Ekspositoris
Teks narasi ekspositorik adalah suatu paragraf narasi yang memiliki target dalam menyampaikan suatu informasi dengan tepat mengenai sebuah peristiwa maupun kejadian yang bermaksud supaya dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai cerita pribadi seseorang.

2. Teks Narasi Sugestif
Teks narasi sugestif adalah jenis paragraf narasi yang berusaha untuk menyampaikan maksud tertentu atau memberikan suatu amanat yang bersifat terselubung bagi para pendengar maupun para pembacanya. Jadi terlihat seolah olah pendengar maupun pembaca bisa mengetahui dan mengerti maksudnya.


Bagaimana ? sudah sedikit paham bukan ? jika iya, mari kita langsung saja menuju ke contoh contoh paragraf narasi baik itu jenis Ekspositoris ataupun Sugestif agar kalian tidak bingung membedakannya dengan jenis paragraf lainnya. berikut adalah contoh paragraf narasi singkat yang selengkapnya :



Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris 1 - Perjuangan Ir. Soekarno

Di tanggal 4 Juli 1927, Partai Nasional Indonesia atau PNII didirikan oleh Soekarno dengan tujuan supaya Indonesia bisa secepatnya merdeka. Akan tetapi realitanya pada tanggal 29 Desember 1929, penjajah Mengirim beliau ke dalam penjara Sukamiskin di Bandung hingga tanggal 31 Desember 1931.

Kemudian beliau bebas lalu ikut berpartisipasi dengan partindo. Akan tetapi untuk kedua kalinya beliau ketahuan kemudian ditangkap lalu diasingkan di Ende Flores di tahun 1933. Lalu Belanda memindahkannya ke Bengkulu.

Sesudah melewati berbagai perjuangan dalam waktu yang cukup lama, akhirnya beliau ditemani dengan Bung Hatta memproklamirkan kemerdekaan resmi Indonesia di tanggal 17 Agustus 1945.


Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris 2 - Perang Surabaya

Di tanggal 20 November 1945 meletuslah suatu pergerakan perlawanan rakyat Surabaya dalam mengusir penjajahan Belanda dan para sekutu di tanah air terutama bagi daerah Surabaya.

Asal muasal terjadinya perang ini yaitu terbunuhnya salah satu pimpinannya mereka yaitu Brigadir Jenderal Mallaby yang kemudian menyulut kemarahan tentara inggris. Karena tewasnya pimpinan mereka, pada akhirnya Inggris dan para sekutunya menyampaikan suatu Ultimatum bagi semua pejuang yang berada di Surabaya agar secepatnya menyerah.

Pejuang bukannya menyerah, ultimatum itu malahan dinilai adalah bentuk penghinaan bagi para rakyat Surabaya dan pejuang. Mereka pun kemudian mengadakan milisi milisi perjuangan guna melawan para pihak Inggris yang Mengancam hendak akan melakukan serangan.

Karena tahu ultimatumnya tersebut ditolak, akhirnya muncul kemarahan besar dari para pihak Inggris dan para sekutunya. Lalu ditanggal 10 November di pagi hari Inggris menyerang secara besar-besaran lewat jalur udara, laut dan darat dan mengerahkan sekitar kira-kira 30,000 Infanteri.

Beberapa tank, kapal perang dan pesawat diarahkan ke Surabaya. Dan mereka para pihak sekutu menyerang secara habis habisan kota Surabaya. Mereka melakukan pengeboman terhadap bardir Gedung gedung pemerintahan dan melakukan pembunuhan seluruh para pejuang yang termasuk.

Peristiwa ketika saat itu amatlah mencekam dan mengerikan, pembunuhan ada dimana mana dan bikin masing masing pejuang jadi terpojok. Akan tetapi, rencana penjajah supaya dapat menaklukkan kota Surabaya gagal total dalam 3 hari.

Semua rakyat dan pejuang Surabaya datang ke jalan-jalan dan melakukan perlawanan. Setiap pejuang rakyat Surabaya memiliki semangat yang membara. Hal itu dikarenakan berkat tampilnya sesosok pemuda yang namanya adalah Bung Tomo.

Ketika waktu itu, dengan gagah berani Bung Tomo menyampaikan suatu pidato untuk rakyat Surabaya dan membakar semua semangat juang yang mereka punya meskipun hingga titik darah penghabisan.

Pertempuran Surabaya terjadi hingga 3 minggu dan pada akhirnya kemenangan ada ditangan pihak sekutu. Walaupun kota Surabaya sudah berada di tangan sekutu, perlawanan rakyat Surabaya ketika itu benar benar menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia dan membuat semangat mereka menjadi membara untuk melawan penjajahan.

Contoh Paragraf narasi Sugestif 2 - Pertarungan di pagi buta

Ketika mentari masih belum terbangun dari tempat peraduannya, ayam jago juga masih belum mengerjakan perannya. Akan tetapi pak raden sudah keluar dari rumahnya. Kulitnya yang tipis dan sudah keriput seakan akan kebal dari hembusan angin pagi yang berupaya membuat kulitnya beku.

tangan kekarnya membawa satu buah canggul dengan tangan kirinya sementara tangan kanannya membawa satu bingkisan berukuran besar.

Ketika waktu itu dia melangkahkan kakinya kearah sawah. Tiba tiba langkahnya dihentikan karena mendengar tangisan anak bayi yang merusak ketenangan ketika saat itu. Dengan sedikit rasa ketakutan dia mencari cari sumber arah munculnya suara tangisan tersebut.

Begitu terkejutnya pak Raden mendapati seorang bayi yang amat lucu dan mungil yang digeletakkan begitu saja di bawah pohon beringin besar.

Saat hendak berusaha mengangkat bayi tersebut, secara mendadak tiba tiba muncul seekor harimau yang lumayan berukuran besar akan menyerangnya.

Namun dengan cekatan terkaman harimau tersebut berhasil dielakkan pak Raden. Ternyata suara tangis bayi tersebut adalah pengundang seekor harimau dan kelihatannya harimau tersebut lagi kelaparan.

Harimau itu memandang dan menatap bayi tersebut dengan mengerikan. Ketika lihat harimau tersebut, dengan memakai cangkulnya pak Raden berusaha menjauhkan harimau tersebut .

Cara tersebut tidak berhasil, yang terjadi malahan harimau tersebut melawan. Dia berbalik kemudian menyerang dia dan berhasil membuat pak Raden terluka. Dia terjatuh ke tanah dan terpojok, ketika harimau itu akan menerkam kembali, cangkul yang ada disamping tubuhnya itu dia ambil kemudian dipukulkan ke perut harimau.

Akhirnya pak Raden bisa membunuh harimau tersebut karena cangkulnya yang berhasil tembus ke perut harimau hingga harimau tersebut mati.

Sesudah mengalahkan harimau tersebut, pak raden mengambil bayi itu dan dibawa pulang ke rumahnya untuk mengangkat dan mengurusnya sebagai anak.

Contoh Teks Narasi Pendek - Kisah Anak Kembar

Di suatu hutan yang belantara, tinggal dua anak kembar yang sudah tidak memilki ayah dan ibu.; Kedua anak kembar tersebut bernama Safa dan Marwa. Keduanya bertempat tinggal di satu buah Gubuk dan kegiatan hari hari mereka ada berburu binatang untuk sebagai makanan. Sesudah beberapa waktu kemudian, kedua anak tersebut berjumpa dengan saudagar yang kaya sekali yang lagi melakukan perburuan di hutan.

Safa dan Marwa pada akhirnya di ambil dan dibawa saudagar tersebut menuju rumahnya dan diangkat sebagai anak angkat.

Note : Permisalan diatas adalah kisah mengenai dua orang anak kembar yang tinggal di tengah hutan, ketika mereka sedang melakukan perburuan di hutan, secara kebetulan berjumpa dengan saudagar kaya raya yang lagi berburu. Pada akhirnya saudagar tersebut membawa Safa dan Marwah dan diangkat menjadi anaknya.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Lingkungan Sekolah - Sekolahku

Di sekolahku, terdapat bermacam macam tanaman bunga bunga misalnya mawar merah serta mawar putih. Semua taman-taman kelas pula terhias bunga yang beragam warna. demikian juga kelas kami. Kelas yang kami gunakan sebagai tempat belajar penuh dengan lapisan cat warna putih dan ukiran ukiran tangan siswa yang menghiasi mading kelas tampak begitu menarik.
Sekolah kami juga bersih sekali dan penataannya rapi. Tidak ditemukan sampah yang bergeletakan sembarangan, di masing masing sudut kelas pasti didapati tempat sampah.
Disertai dengan menikmati mading yang indah, murid murid pula sedang asyik belajar dan membaca di taman digital.

Semua contoh diatas merupakan sebuah contoh paragaraf narasi yang singkat dan bisa kalian gunakan saat ingin mengarang maupun menceritakan sebuah peristiwa sehingga membentuk paragaraf narasi untuk tugas sekolah maupun yang lainnya. sekian dari admin kumpulancontoh.com, semoga sedikit ulasan tentang contoh paragaraf narasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua.
 

Start typing and press Enter to search