-->

Kumpulan Contoh Paragraf Argumentasi Singkat

- Maret 27, 2018
Contoh Paragraf Argumentasi - Sebenarnya apasih yang dimaksud paragraf argumentasi, jangan-jangan anda lupa atau malah belum paham dengan paragraf argumentasi? gak usah bingung,artikel ini akan jelasin se-detail mungkin untuk pembahasan paragraf argumentasi untuk menjawab rasa ingin tahu anda,mulai dari pengertian,penjelasan sampai ke contoh-contoh paragraf argumentasi
tapi sebelum itu anda harus memahami apa itu paragraf.

Paragraf adalah suatu kesatuan pikiran yang tinggi serta lebih luas dari pada kalimat,adapun definisi paragraf yaitu bagian dari suatu karangan yang terdiri dari sejumlah kalimat,yang  isinya mengungkapkan informasi dengan gagasan,ide pokok  dan pikiran penjelas  sebagai pengendali dan pendukungnya.

Baiklah setelah anda mengetahui pengertian apa itu paragraf, saya akan menjelaskan apa itu paragraf argumentasi.  paragraf argumentasi adalah suatu paragraf yang gagasan utamanya berisi tentang pendapat,bahasan,alasan  atau ide penulisnya yang bersifat meyakinkan. menurut kamus  Besar BI (bahasa indonesia) argumen-argumentatif berarti alasan,yang akan digunakan untuk meyakinkan karangan sipenulis untuk meyakinkan pembacanya.

Untuk mempermudah anda mencerna tentang paragraf argumentasi berikut saya akan memberikan beberapa ciri,dan contoh-contoh paragraf argumentasi :



Ciri – ciri paragraf argumentasi
1. Mengemukakan ide tentang suatu permasalahan yang sedang hangat – hangatnya terjadi di dalam masyarakat.
2. Berisi tentang pendapat – pendapat penulis yang dijabarkan dengan sangat jelas dan disertai dengan bukti berupa data, fakta, maupun contoh.
3. Pendapat – pendapat yang disampaikan harus jernih, sehat, kritis atau logis.
4. Data – data yang disajikan berupa hasil dari sebuah observasi atau pengamatan. Dengan kata lain, bukan data asal – asalan.
5. Menyajikan kesimpulan di akhir paragraf berupa inti dari permasalahan tersebut.


Contoh Paragraf Argumentasi

Contoh 1

Saat ini sampah berserakan di mana – mana. Hal ini bisa kita lihat di sekeliling kita. Sampah – sampah tersebut biasanya berasal dari orang – orang yang tidak bertanggung jawab dan malas membuang sampah pada tempatnya. Sampah – sampah yang berkumpul itu menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga mencemarkan udara. Selain itu, tumpukan sampah tersebut menjadi sarang berbagai macam penyakit yang sangat berbahaya. Sumber penyakit tersebut akan terbawa dengan udara sehingga akan terhirup oleh kita. Akibatnya, kita akan menjadi sakit dan tentunya juga akan menular kepada orang lain yang menghirup udara yang sama tersebut.


Contoh 2

Narkoba mengandung beberapa zat – zat yang sangat berbahaya bagi tubuh. Salah satunya adalah zat addiktif. zat inilah yang akan menggangu sistem saraf kita. Zat addiktif yang telah masuk ke dalam tubuh akan menuntut otak untuk terus mengkonsumsinya. Akibatnya, para pengkonsumsi narkoba akan menjadi sakaw dan tak bisa terlepas dari narkoba.



Demikianlah penjelasan tetang ciri ciri beserta contoh paragraf argumentasi yang bisa admin sampaikan pada kesempatan kali ini, saya berharap artikel ini dapat menambah pengetahuan anda.
,semoga selalu bermanfaat untuk anda.
 

Start typing and press Enter to search