-->

Contoh Paragraf Ineratif Tentang Olahraga Singkat dan Lengkap

- Juli 28, 2018
Contoh Paragraf Ineratif Tentang Olahraga - Sudah tahukah kamu tentang apa yang dimaksud dengan paragraf ineratif ? jika belum, silahkan kamu simak penjelasan singkat admin berikut ini. paragraf ineratif adalah sebuah paragraf yang letak kalimat utamanya berada pada tengah-tengah paragraf. paragraf ini sendiri dikembangkan dengan pola khusus-umum-khusus yang biasanya menyajikan atau memaparkan hal-hal yang khusus terlebih dahulu sebagai pengantar, lalu menyajikan gagasan utamanya dan kemudian diikuti dengan penjelasan hal khusus tersebut untuk memperkuat gagasan utamanya.

Sedangkan dilihat dari ciri-cirinya, biasanya paragraf ineratif memiliki ciri seperti : Gagasan utama terletak di kalimat utama pada bagian tengah paragraf, Diawali dengan hal – hal khusus terlebih dahulu sebagai pengantar gagasan utama dan yang terakhir memiliki ciri diakhiri kembali dengan hal khusus sebagai penguat gagasan utama. nah, setelah kamu tahu tentang pengertian dari paragraf ineratif beserta ciri-cirinya. agar lebih jelas, silahkan kamu lihat beberapa contoh paragraf ineratif yang sudah berhasil admin rangkum seperti dibawah ini :

Contoh Paragraf Ineratif



Contoh Paragraf Ineratif 1


Pemberian subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang menjadi agenda pemerintah ternyata bagaikan dua sisi mata uang yang berbeda, yaitu terdapat sisi positif dan sisi negatif. Di satu sisi, dengan tidak menaikkan harga BBM merupakan berita gembira untuk masyarakat.

Namun di sisi lain hal tersebut membuat volume BBM meningkat sehingga beban pemerintah terhadap subsidi BBM semakin meningkat pula. Hal ini dapat di ibaratkan dengan sekeping mata uang logam yang memiliki 2 sisi mata uang dengan gambar dan maksud yang berbeda pada setiap sisinya.

Ada konsekuensi dengan tidak dinaikkannya harga BBM yaitu bertambahnya volume pemakaian BBM. Namun di satu hal dengan di naikkannya Bahan Bakar Minyak ( BBM ) oleh pemerintah, biasanya bahan-bahan pokok kebutuhan sehari-hari pun ikut mengalami kenaikkan harga. Ini sangat memberatkan masyarakat pada umumnya terutama kalangan menengah ke bawah. Bahkan bukan hanya kebutuhan pokok saja, tapi pelayanan publik pun akan sendirinya mengalami kenaikkan tarif..

Contoh Paragraf Ineratif 2


Pada zaman dahulu desain mobil sangat sederhana, mesinnya hanya digerakan dengan tenaga uap sehingga kecepatan yang dapat dicapai tidaklah begitu cepat. Bahkan mobil-mobil ini tidak bisa melaju ke tempat yang sangat jauh.

Tetapi saat ini mobil telah bertransportasi menjadi sebuah teknologi yang sangat canggih. Bentuk desainnya kini beraneka ragam, ada yang sporty, elegan, mewah dan masih banyak lagi. Mesinnya pun kini telah sangat canggih dan digerakan dengan bahan bakar minya yang sehingga mampu untuk melaju dengan sangat cepat di lintasan.

Dan terlebih lagi, teknologi mobil saat ini telah dilengkapi dengan alat-alat canggih lainnya, seperti GPS, ponsel, pemutar musik, radio, televisi dan lain-lain. Tidak hanya dilengkapi dengan alat-alat canggih, saat ini mobil juga didukung dengan alat keselamatan bagi penggunanya misalnya air bag, sistem rem otomatis dan lain-lain.

Contoh Paragraf Ineratif 3


Dengan adanya pengetahuan dan wawasan kita dapat pergi kemanapun yang kita mau. Disamping itu, kita juga dapat meraih apapun yang kita impikan dalam hidup. Namun, ada saatnya ilmu yang kita miliki dapat menghancurkan kita apabila kit tidak perduli dengan ajaran – ajaran agama. Oleh karena itu adanya ilmu sangatlah bermanfaat tetapi disamping itu kita memerlukan agama yang dapat membatasi kita dengan hidup duniawi yang terkadang dapat menghancurkan kita. Manusia bisa saja menggunakan ilmu yang mereka miliki dengan tidak baik contohnya saja koruptor mereka adalah orang – orang yang berpendidikan dan memiliki pengetahuan luas tetapi ilmu yang mereka miliki merugikan banyak orang. Maka dari itu adanya agama sangatlah diperlukan untuk menjadikan pedoman hidup yang akan membuat batasan bagi hal buruk.



Contoh Paragraf Ineratif Tentang Olahraga


Contoh 1:

Olahraga jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang paling ringan dilakukan. Hal ini dikarenakan jenis olahraga ini dapat dilakukan tanpa perlu membuang banyak energi serta tidak memperlukan alat-alat khusus untuk melakukannya. Itulah sebabnya, olahraga jalan kaki sangat direkomendasikan bagi orang yang malas melakukan olahraga yang berat. Selain ringan dan mudah, manfaat yang terkandung dalam olahraga jalan kaki juga sangat baik untuk kesehatan. Dengan berjalan kaki, detak jantung kita akan lebih stabil, sehingga jantung pun akan semakin kuat dan sirkulasi darah pun juga akan lancar.

Contoh 2:

Melakukan olahraga secara rutin dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu, berolahraga secara rutin pun juga dapat membuat kita jadi lebih rutin dan disiplin dalam berolahraga. Itulah mengapa, berolahraga secara rutin sangat dianjurkan untuk kita lakukan. Olahraga yang mesti dilakukan secara rutin tidaklah harus olahraga yang berat. Olahraga yang ringan semacam berjalan kaki pun juga bisa dilakukan secara rutin.

Contoh 3:

Olahraga senam merupakan olahraga yang lazim di lingkungan masyarakat di rumah. Olahraga ini biasanya dilakukan di ruang terbuka seperti lapangan atau taman dan biasanya dipandu oleh pemandu senam serta lagu pengiring khusus. Meskipun olahraga ini sering dilakukan di luar, namun olahraga ini bisa dilakukan di dalam lingkungan rumah kita. Dengan demikian, olahraga senam juga bisa dilakukan untuk orang yang lebih senang berolahraga di sekitar lingkungan rumah saja. Senam di rumah sendiri bisa dilakukan secara individual atau bersama dengan anggota keluarga yang lainnya. Jika ingin dipandu oleh ahlinya, kita bisa mengundang instruktur senam ke rumah kita untuk memandu kita melakukan senam di rumah.

Contoh 4:

Kesehatan di masa tua sangat ditentukan dari kebiasaan yang kita lakukan di masa muda. Jika sewaktu muda kita rajin berolahraga disertai hidup sehat, maka kemungkinan untuk memliki tubuh yang sehat sangatlah besar untuk dimiliki. Untuk itu, semuda mungkin, kita mesti membiasakan diri untuk berolahraga disertai dengan pola hidup yang sehat. Tak hanya berdampak baik bagi kesehatan tubuh di masa mendatang, olahraga dan pola hidup sehat juga akan memberi manfaat untuk msa muda kita, di mana tubuh kita akan lebih kuat, serta masa muda kita akan terselamatkan dari penyakit dan pola hidup yang tidak sehat.

Contoh 5:

Olahraga bisa dilakukan di mana saja. Tak mesti di ruang terbuka, di ruang tertutup seperti ruangan kantor pun kita tetap bisa berolahraga. Itulah sebabnya, tidak ada alasan untuk tidak berolahraga bagi orang yang tengah berada di dalam kantor. Menurut laman Hipwee, beberapa olahraga yang bisa dilakukan selama ada di ruang kantor antara lain push up, peregangan tangan, dan sebagainya.


Bagaimana ? sudah mengertikah kamu dengan apa yang dimaksud dengan paragraf ineratif dari penjelasany yang sudah admin berikan seperti diatas ? jika sudah, seharusnya kini kamu sudah bisa menyelesaikan tugas dari sekolah dengan benar dan sudah bisa membuat paragraf ineratif sendiri. sekaian yang bisa dmin sampaikan pada kesempatan kali ini tentang contoh paragraf ineratif ini. semoga bermanfaat dan selamat belajar.
 

Start typing and press Enter to search