-->

Kumpulan Contoh Paragraf Deduktif Singkat dan Lengkap

- Juli 28, 2018
Contoh Paragraf Deduktif - Sudah tahukah kamu apa yang dimaksud dengan paragraf deduktif ? jika belum, sebaiknya kamu baca ulasan dari admin kumpulancontoh.com pada kesempatan kali ini hingga tuntas ya. karena khusus di kesempatan hari ini admin akan mengupas tuntas tentang paragraf deduktif mulai dari pengertian dan contohnya sehingga semakin memudahkan kamu dalam mempelajarinya.

Sebelum itu, tahukah kamu jika paragraf itu dibagi menjadi tiga  jenis ? apa saja itu ? ketiga paragraf tersebut adalah paragraf deduktif,paragraf induktif dan paragraf campuran. kita akan bahas paragraf campuran dan paragraf induktif di lain waktu saja. karena admin kali ini hanya akan mengulas tentang contoh paragraf deduktif saja.

Pengertian dari paragraf deduktif sendiri adalah sebuah paragraf yang diawali dengan menyatakan sebuah masalah yang bersifat umum atau luas. hingga bisa memperoleh suatu kesimpulan yang bersifat khusus. pola paragraf ini sendiri adalah umum-khusus. dalam pelajaran bahasa indonesia, paragraf deduktif sendiri dibagi juga menjadi tiga jenis yaitu ; paragraf deduktif pola, paragraf deduktif alasan dan paragraf deduktif pola rician.

Nah, untuk mempermudah kamu dalam memahami pengertian dari  paragraf deduktif langsung saja kita simak tentang contoh-contoh paragraf deduktif dibawah ini  :

Contoh Paragraf Deduktif


Contoh kalimat deduktif tentang sosiologi 1:

Komunikasi intrapersonal merupakan komunikasi yang dilakukan antara individu dengan dirinya sendiri. Komunikasi ini bisa berbentuk renungan, introspeksi diri, berpikir, dan berimajinasi. Komunikasi ini penting dilakukan agar individu bisa lebih mengetahui dan mengenal dirinya sendiri.

Contoh kalimat deduktif tentang sosiologi 2:

Orang pendiam tidak sepantasnya dijauhi maupun dianggap aneh. Karena tidak selamanya orang yang pendiam adalah pecandu narkoba, berkepribadian sombong, penderita kelainan jiwa, atau seorang teroris. Orang pendiam hanyalah orang yang tidak pandai banyak bicara sekaligus tidak terlalu senang berada di tempat ramai terlalu lama.

Contoh paragraf deduktif singkat 3:

Chairil Anwar adalah salah satu penyair ternama di Indonesia. Penyair kelahiran Medan ini juga menjadi bagian dari sastrawan angkatan ’45 yang terkenal selain Asrul Sani dan Rivai Apin. Puisi-puisi Chairil sangat dikenal dan dicintai masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah puisi berjudul Aku.

Contoh paragraf deduktif tentang kebudayaan 4:

Ada beberapa varian dendeng di dalam masakan khas Padang, salah satunya adalah dendeng balado. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis dan melebar. Daging sapi tersebut kemudian dijemur dibawah sinar matahari sampai kering. Setelah dijemur sampai kering, daging sapi digoreng, kemudian diberi bumbu berbahan dasar cabai atau biasa dikenal dengan bumbu balado.

Contoh paragraf deduktif tentang lalu lintas 5:

Kemacetan telah menjadi hal yang biasa di Jakarta. Kemacetan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantara lain. Pertama, jumlah kendaraan yang ada tidak seimbang dengan luasnya jalan. Kedua, kurangnya rasa disiplin untuk semua pengguna jalan raya.
Ketiga, munculnya tempat-tempat yang mengganggu lalu lintas seperti pasar, rel kereta api, halte yang tidak difungsikan, banjir, pedagang kaki lima, dan sebagainya. Yang terakhir, tidak tegasnya aparat yang berwenang dalam menindak para pelanggar lalu lintas.

Contoh Deduktif tentang sekolah 6:

Walaupun dosen menunjukkan slide materi nya kepada mahasiswa, membeli buku materi perkuliahan tetaplah harus dilakukan. Karena slide yang diberikan oleh dosen hanyalah inti materi saja, dan buku materi perkuliahan memuat pembahasan materi secara mendalam.

Contoh deduktif tentang pekerjaan 7:

Bekerja di perusahaan startup atau rintisan memiliki beberapa kelebihan. Pertama, kamu akan memiliki kesempatan untuk belajar membangun perusahaan dari nol secara langsung. Kedua, kamu bisa bekerja di berbagai posisi yang tersedia di perusahaan, hal ini membuat kamu belajar banyak hal dan kemampuan semakin bertambah dan meningkat.

Contoh deduktif 8:

Di waktu sekarang, para generasi muda tidak lagi mencari kerja demi mendapatkan gaji besar saja. Generasi muda saat ini juga mulai mempertimbangkan aspek kepuasan batin dalam bekerja. Sehingga hal ini memicu para generasi muda ini untuk bekerja sesuai dengan minat dan bakat.

Contoh kalimat deduktif 9:

CV (Curricilum Vitae) merupakan salah satu syarat seseorang yang hendak melamar pekerjaan. CV umumnya berisi data pribadi, pengalaman, riwayat pendidikan, prestasi, dan keahlian, serta data-data pendukung lainnya. CV harus dibuat dengan singkat, padat, dan jelas.

Itulah yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini tentang pengertian beserta contoh paragraf deduktif ini. semoga dengan adanya ulasan ini, bisa membantu kamu dalam menyelesaikan tugas bahasa indonesi yang diberikan oleh gurumu. sekian dan terima kasih.
 

Start typing and press Enter to search